Header Ads

test

Program Luas dan Keliling Berbagai Bangun Datar

          Halo calon prorammer. Setelah kemaren saya telah membagikan source code program bilangan fibonacci dengan menggunakan metode rekursif. Kali ini saya akan membagikan source code program luas dan keliling berbagai bangun datar. Berikut source code dan screenshotnya:



a. Source Code

import java.util.Scanner;
public class bangunDatar2{
public static void main(String[]args){
Scanner in = new Scanner(System.in);
boolean x = true;
boolean q = true;
int choice,choice2;
float s,t;
bangunDatar datar = new bangunDatar();
do{
System.out.println("________________________________________________");
System.out.println("             Tugas Kelompok 1            ");
System.out.println("================================================");
System.out.println("1. Chakra Bernat Yusuf   (1157050033)   ");
System.out.println("1. Dendi Yusli (1157050033)   ");
System.out.println("================================================");
System.out.println(" ======= Luas dan Keliling Bangun Datar =======");
System.out.println("1. Persegi     2. Persegi Panjang");
System.out.println("3. Lingkaran   4. Segitiga ");
System.out.println("5. Trapesium   6. Jajar Genjang  ");
System.out.println("7. Layang-layang       8. Exit ");
System.out.println();
System.out.println("Masukkan Pilihan : ");
choice = in.nextInt();
switch(choice){
case 1 :
System.out.print("Masukkan Sisi : ");
s = in.nextFloat();
q = true;
System.out.println("==== Luas dan Keliling Bangun Datar ====");
System.out.println("1. Luas      2. Keliling");
System.out.println("Masukkan Pilihan : ");
choice2 = in.nextInt();
while(q==true){
switch(choice2){
case 1 :
System.out.println("\nLuas Dari perseginya adalah : "+datar.luasPersegi(s)+"\n");
q=false;
break;
case 2 :
System.out.println("\nKeliling Dari perseginya adalah : "+datar.kelilingPersegi(s)+"\n");
q=false;
break;
default :
System.out.println("Salah Input!");
break;
}
}
break;
case 2 :
System.out.print("Masukkan Panjang : ");
float p = in.nextFloat();
System.out.print("Masukkan Lebar : ");
float l = in.nextFloat();
q = true;
System.out.println("==== Luas dan Keliling Bangun Datar ====");
System.out.println("1. Luas      2. Keliling");
System.out.println("Masukkan Pilihan : ");
choice2 = in.nextInt();
while(q==true){
switch(choice2){
case 1 :
System.out.println("\nLuas Dari persegi panjangnya adalah : "+datar.luasPersegipanjang(p,l)+"\n");
q=false;
break;
case 2 :
System.out.println("\nKeliling Dari persegi panjangnya adalah : "+datar.kelilingPersegipanjang(p,l)+"\n");
q=false;
break;
default :
System.out.println("Salah Input!");
break;
}
}
break;
case 3 :
System.out.print("Masukkan Jari-jari : ");
int r = in.nextInt();
q = true;
System.out.println("==== Luas dan Keliling Bangun Datar ====");
System.out.println("1. Luas      2. Keliling");
System.out.println("Masukkan Pilihan : ");
choice2 = in.nextInt();
while(q==true){
switch(choice2){
case 1 :
System.out.println("\nLuas Dari lingkarannya adalah : "+datar.luasLingkaran(r)+"\n");
q=false;
break;
case 2 :
System.out.println("\nKeliling Dari lingkarannya adalah : "+datar.kelilingLingkaran(r)+"\n");
q=false;
break;
default :
System.out.println("Salah Input!");
break;
}
}
break;
case 4 :
System.out.print("Masukkan Alas : ");
float a = in.nextInt();
System.out.print("Masukkan Tinggi : ");
t = in.nextInt();
q = true;
System.out.println("==== Luas dan Keliling Bangun Datar ====");
System.out.println("1. Luas      2. Keliling");
System.out.println("Masukkan Pilihan : ");
choice2 = in.nextInt();
while(q==true){
switch(choice2){
case 1 :
System.out.println("\nLuas Dari segitigannya adalah : "+datar.luasSegitiga(a,t)+"\n");
q=false;
break;
case 2 :
System.out.println("\nKeliling Dari segitiganya adalah : "+datar.kelilingSegitiga(a)+"\n");
q=false;
break;
default :
System.out.println("Salah Input!");
break;
}
}
break;
case 5 :
System.out.print("Masukkan sisi 1 : ");
double s1 = in.nextDouble();
System.out.print("Masukkan sisi 2 : ");
double s2 = in.nextDouble();
System.out.print("Masukkan tinggi = ");
double t2 = in.nextDouble();
q = true;
System.out.println("==== Luas dan Keliling Bangun Datar ====");
System.out.println("1. Luas      2. Keliling");
System.out.println("Masukkan Pilihan : ");
choice2 = in.nextInt();
while(q==true){
switch(choice2){
case 1 :
System.out.println("\nLuas Dari Trapesiumnya adalah : "+datar.luasTrapesium(s1,s2,t2)+"\n");
q=false;
break;
case 2 :
System.out.println("\nKeliling Dari Trapesiumnya adalah : "+datar.kelilingTrapesium(s1,s2,t2)+"\n");
q=false;
break;
default :
System.out.println("Salah Input!");
break;
}
}
break;
case 6 :
System.out.print("Masukkan alas = ");
a = in.nextInt();
System.out.print("Masukkan sisi = ");
s = in.nextInt();
System.out.print("Masukkan tinggi = ");
t = in.nextInt();
q = true;
System.out.println("==== Luas dan Keliling Bangun Datar ====");
System.out.println("1. Luas      2. Keliling");
System.out.println("Masukkan Pilihan : ");
choice2 = in.nextInt();
while(q==true){
switch(choice2){
case 1 :
System.out.println("\nLuas Dari jajar genjangnnya adalah : "+datar.luasJajargenjang(a,t)+"\n");
q=false;
break;
case 2 :
System.out.println("\nKeliling Dari jajar genjangnya adalah : "+datar.kelilingJajargenjang(a,s)+"\n");
q=false;
break;
default :
System.out.println("Salah Input!");
break;
}
}
break;
case 7 :
System.out.print("Masukkan diagonal 1 = ");
int d1 = in.nextInt();
System.out.print("Masukkan diagonal 2 = ");
int d2 = in.nextInt();
System.out.print("Masukkan sisi a = ");
int sA = in.nextInt();
System.out.print("Masukkan sisi b = ");
int sB = in.nextInt();
q = true;
System.out.println("==== Luas dan Keliling Bangun Datar ====");
System.out.println("1. Luas      2. Keliling");
System.out.println("Masukkan Pilihan : ");
choice2 = in.nextInt();
while(q==true){
switch(choice2){
case 1 :
System.out.println("\nLuas Dari jajar layanglayangnnya adalah : "+datar.luasLayanglayang(d1,d2)+"\n");
q=false;
break;
case 2 :
System.out.println("\nKeliling Dari layanglayangnya adalah : "+datar.kelilingLayanglayang(sA,sB)+"\n");
q=false;
break;
default :
System.out.println("Salah Input!");
break;
}
}
break;
case 8 :
x = false;
break;
default :
System.out.println("Error!!!");
break;

}
    }while(x==true);
}
}

class bangunDatar{
public float luasPersegi(float sisi){
float l;
l = sisi * sisi;
return l;
}
public float kelilingPersegi(float sisi){
float k;
k = sisi * 4;
return k;
}
public float luasPersegipanjang(float panjang,float lebar){
float l;
l = panjang * lebar;
return l;
}
public float kelilingPersegipanjang(float panjang,float lebar){
float k;
k = (panjang + lebar) * 2;
return k;
}
public float luasLingkaran(float jari){
float l;
final float pi = 3.14f;
l = pi * jari * jari;
return l;
}
public float kelilingLingkaran(float jari){
float k;
final float pi = 3.14f;
k = 2 * pi * jari;
return k;
}
public float luasSegitiga(float alas,float tinggi){
float l;
l = 0.5f * alas * tinggi;
return l;

}
public float kelilingSegitiga(float alas){
float k;
k = alas * alas * alas;
return k;

}
public double luasTrapesium(double sisi1,double sisi2,double tinggi){
double l;
l = 0.5f * (sisi1 + sisi2) * tinggi;
return l;
}
public double kelilingTrapesium(double sisi1,double sisi2,double tinggi){
double s,m,k;
        s=(((sisi2-sisi1)/2)*((sisi2-sisi1)/2))+(tinggi*tinggi);
        m=Math.sqrt(s);
        k = sisi1+sisi2+(m*2);
return k;
}
public Float luasJajargenjang(float alas,float tinggi){
float l;
l = alas * tinggi;
return l;
}
public float kelilingJajargenjang(float alas,float sisi){
float k;
k = 2 * alas + 2 * sisi;
return k;
}
public float luasLayanglayang(float diagonal1,float diagonal2){
float l;
l = diagonal1 * diagonal2 / 2 ;
return l;
}
public float kelilingLayanglayang(float sisiA,float sisiB){
float k;
k = (2 * sisiA) + (2 * sisiB);
return k;
}
}

b. Screenshot



        

        Sekian dulu yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini. Kalau ada yang mau bertanya silahkan tuliskan pada halaman komentar. Hidup programmer :D

1 comment: