Header Ads

test

Memudarnya Tokoh Yang Mengisnspirasi Anak-Anak

Memudarnya Tokoh Yang Mengisnspirasi Anak-Anak


oleh :
Ima Rahmatul K
Komunikasi Penyiaran Islam
semester 4
 
Melihat fenomena masa kini anak-anak kehilangan tokoh yang harus ia kagumi. Anak-anak meniru apapun yang mereka lihat salah satunya adalah televisi media yang selalu hadir dalam hidup kita. Tetapi, saat ini kualitas program-program TV sangat menurun, tayangan untuk orang dewasapun ditonton oleh anak-anak meskipun disamping bawah televisi ada tanda A-BO, R-BO atau D rasanya itu tidak efektif. Dan saat ini yang sedang buming dikalangan anak-anak adalah snetron yang pada pake motor gede terus ada balapannya sampa-sampai saya pernah melihat ada anak-anak yang lagi pada maen sepedah jadinya malah pada maen balapan pake sepedah udah gitu balapannya di depan mesjd lagi udah di marahin merbot mesjid juga tetep aja balik lagi balk lagi ngelanjutin balapannya. Selain itu, sinetron zaman sekarang lebih banyak
memperlihatkan adegan pacarannya ketimbang pesan mendidiknya dari sinetron tersebut, akhirnya untuk anak-anak SD zaman sekarang pacaran adalah suatu hal yang lumrah dikalangan anak-anak. Untuk para orang tua juga kebanyakan tidak bisa berbuat banyak, melarang anaknya tetapi zaman sekarang anaknya malah lebih galak dari orang tuanya, menyuruh untuk pindah channel semua progaram tv rata-rata programnya tidak jauh beda dan menyuruh anaknya untuk tidak menonton tv?? Itu juga sangat sulit karena aturannya untuk saat ini jika sang anak tidak boleh menonton tv berarti orangtuanya juga tdak boleh menonton tv, lantas untuk apa ada tv jika tidak di tonton??.  Untuk orang-orang tv nya sendiri juga bingung jika pun ada program tv untuk anak-anak pasti retingnya rendah, alhasil program itu hanya tayang beberapa minggu saja.
Berbeda sekali dengan zaman dulu program-program televisi tetap mendidik namun tetap menghibur. Program-program tv nya pun banyak ditujukan untuk anak-anak seperti Tralala Trilili, Ciluk Ba dll. Sinetronnya juga rata-rata selain menghibur banyak pesan moralnya juga contohnya Saras 008 dalam sinetron Saras ini pun banyak anak-anak yang ngedadak rajin minum susu soalnya ada mlkymun super hero yang rajin minum susu rekannya Saras dalam membasmi kejahatan, memasuki tahun 2000 ada snetron yang nghits banget yaitu Panji Manusia Milenium sang super hero yang suka membantu pokoknya sifat panji sangat mulia sekali, sehngga banyak anak-anak yang merengek dibeliin kostum panji, zaman dulu masih mending ngerengk minta di beliin kostum laahh sekarang ngerengeknya minta di beliin motor gede. Dulu tokoh dan penyanyi anak-anak sangat banyak sehingga anak-anak tidak kekurangan tokoh yang harus ia kagumi dan ia tiru. Dizaman modern ini semakin canggihnya teknologi dan semakin majunya perkembangan dunia pertelevisian semakin memudarnya dunia indah untuk anak-anak dimana dulu kita menikmati masa-masa anak-anak dengan sangat bahagia mendengarkan lagu-lagu khusus anak-anak sinetron khas anak-anak bahkan kita memainkan permainan tradisional dimana dulu kita tidak mengenal yang namanya gadget.
semoga bermanfaat dan menginsfirasi :)

No comments