Header Ads

test

TAWASULAN

Tawasulan




Tawasulan ialah serangakaian do’a yang ditujukan untuk guru-guru, para ulama dan wali. Do’a seringkali dianggap sebagai ungkapan pelangkap dalam  kehidupan manusia yang mempercayai adanya Tuhan. Keberadaan do’a akan menjadi dirasakan penting, ketika seseorang mengalami kelemahan atau jatuh dalam jurang kehinaan. Namun, tawasulan ini adalah salah satu bentuk do’a untuk mensyukuri nikmat yang telah dianugrahkan Allah SWT karena telah menitipkan ilmunya lewat perantara para guru, ulama dan wali.

            Sebelum memulai tawasul,  bapak kiyai akan memberikan nasehat terlebih dahulu. Tema nasehat pada tawasul minggu ini ialah “Kembali ke Fitrah” manusia lahir dengan membawa fitrahnya yaitu ingat kepada pencptaanNya, contohnya Allah telah luar biasa menciptakan otak manusia, fitrah kita sebagai manusia ialah bagaimana cara menggunakan otaknya yaitu dengan “Iqra” (membaca). Apapun harus kiita niatkan belajar maka, saat membaca Al-Qur’an posisikan kta sebagai yang dibaca oleh Al-Qur’an untuk mengetahui dimana posisi kita, misalkan posisi kita sebagai santri maka, posisikanlah sebagai santri, fitrah juga bisa disebut sebagai tugas.  Allah SWT berfirman :

“Maka hadapkanlah wajahmu kepada agama dengan selurus-lurusnya (sesuai dengan kecenderungan yang aslinya) itulah fitrah Allah yang Allah mencipatkan   manusia di atas  fitrah itu. Itulah agama yang lurus, namun kebanyakan orang tidak mengetahuinya” .( QS ar- Rum :30)

Dalam Q.S. Ar-Rum :30 telah dijelaskan bahwasannya Allah menciptakan manusia diatas fitrahNya, yaitu agama yang lurus. Namun, kebanyakan manusia tidak mengetahuinya bahwa agama Islam adalah ajaran yang benar paling lembut (liddini hanifah) dan semua kebaikan di dunia ini adalah ajaran Tuhan. Karena itu inti dari fitrah kita sebagai manusia adalah mawas diri yaitu mengerti posisi kita. Dan tujuan hidup kita adalah kematian jadi, siap tidak siap kematian pasti akan datang. Karena itu setiap makhluk harus Roja’ yaitu berharaplah kepada Allah karena Allah pasti akan menampungnya dan mengabulkannya pada saat kita membutuhkannya.


Waallahu’alam....

No comments